Danau Dendam Dibangun Jalan 2 Jalur

Danau Dendam  Dibangun  Jalan 2 Jalur

Pemprov Siapkan Rp 8 Miliar

BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu untuk membangun jalan dua jalur di wisata Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) segera direalisakan tahun ini. Bahkan anggarannya sudah disiapkan di APBD Provinsi Bengkulu 2019 ini sebesar Rp 8 miliar dengan panjang 3 Kilometer kualitas hotmix.

\"Anggarannya sudah, tinggal direalisasikan,\" ujar Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (27/1).

Menurutnya, pembangunan jalan dua jalur itu berada tepat di depan DDTS tersebut. Sebab, ketika di depan DDTS tersebut dibangun jalan dua jalur, maka akan mempermudah untuk menghindari antrean panjang kendaraan bagi warga yang ingin berwisata di danau yang berada di tengah kota tersebut.

\"Jadi, warga yang ingin berwisata di DDTS aksesnya lebih mudah, tanpa terganggu dengan aktifitas kendaraan,\" tambahnya.  Tidak hanya pembangunan jalan dua jalur, pelebaran jalan juga akan dilakukan. Pelebaran itu akan dimulai dari simpang empat Panorama menuju simpang 3 Brimob Surabaya.

 \"Pelebaran jalan ini sama dengan pelebaran jalan-jalan seperti biasanya,\" papar Rohidin.

Dalam pelebaran itu, Rohidin memastikan tidak membuat jalan baru. Sehingga tidak akan mengganggu persawahaan masyarakat yang sudah ada di pinggir jalan menuju danau.  \"Tidak ada jalan baru. Jalan yang ada saja kita lebarkan. Jadi tidak akan mengganggu sawah maupun ekosistem yang ada,\" ujarnya. Proses pembangunan itu akan dilakukan lelang terlebih dahulu oleh Dinas PUPR Provinsi. Targetnya dalam waktu dekat sudah bisa dimulai.

Tidak hanya untuk pembangunan jalan, nantinya juga akan dibuat untuk wilayah rest area untuk para pengujung. Begitupun dengan pusat kuliner juga akan dibangun di sekitar wilayah DDTS.  \"Ada tempat minum dan nongkrong, ketika wisatawan berkunjung,\" tambah Rohidin. Untuk lebih memperindah DDTS dan semakin banyak orang berkunjung, pemprov juga akan membangun jogging track di sekeliling danau.

Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan jogging track itu sekitar Rp 14 miliar. Dengan adanya jogging track, wisatawan bisa berkeliling danau untuk melihat ekosistem danau.  \"Jogging track ini berada dipinggir danau. Tentu akan membuah indah danau dan orang akan lebih tertarik datang ke DDTS,\" pungkasnya. (151)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: